advertisement

Aplikasi Untuk Mengatur Durasi Anak Bermain Game Saat Daring

Wednesday, January 13th, 2021 - Games
advertisement

Aplikasi Untuk Mengatur Durasi Anak Bermain Game Saat Daring : Selama pandemi COVID-19, pembelajaran tatap muka berpindah ke online. Namun tidak sedikit anak memanfaatkan waktu luangnya untuk bermain. Itu menjadi pekerjaan rumah bagi orang tua.

Dari permasalahan tersebut, lima mahasiswa Surabaya Universitas Kristen Petra (Petra UK) membuat Application Monitoring System (AMS). Aplikasi tersebut dibuat oleh Jeremy Winston, Yansen Suwanto, Joshua Alexander Heriyanto, James DavidTM dan Jerich Eli Santoso yang bekerja dengan menggunakan prinsip IoT.

“Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengatur durasi permainan anak di laptop yang digunakan. Misalnya, orang tua ingin mengatur waktu permainan menjadi satu jam per hari. Setelah satu jam, permainan akan mati dengan sendirinya, sehari next bisa dipakai lagi, ”kata Jeremy, mahasiswi Program Studi Teknik Elektro. United Kingdom Petra, Senin (12/7/2020).

Jeremy mengatakan bahwa aplikasi ini dapat membantu orang tua mengontrol permainan yang dimainkan anak mereka. Orang tua dapat mengakses aplikasi ini dari mana saja saat mereka terhubung ke Internet.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup sederhana. Orang tua hanya perlu mendownload aplikasi di handphone dan laptop orang tua yang digunakan anak untuk bermain game online. Kemudian orang tua membuat akun, lalu mereka masuk untuk mengatur waktu bermain anak berdasarkan hari, bulan, atau sesuai.

“Setelah di-setting melalui smartphone orang tua akan masuk ke server, server ini mengirimkan aplikasi ke laptop. Sedangkan untuk aplikasi di laptop orang tua juga perlu memasukkan nama dan nama anak. permainan yang bisa dimainkan, “jelasnya.

Yasen Suwanto menjelaskan, ke depan aplikasi akan dikembangkan dengan fitur yang dapat mendeteksi game sesuai usia anak. “Ada bermacam-macam game dengan batasan usia, sehingga aplikasi ini bisa menyaring game yang sesuai dengan mereka agar anak-anak bisa bermain sesuai usianya,” kata Yasen.

Yasen dan timnya berharap aplikasi ini dapat membantu para orang tua mengontrol permainan anak-anaknya. Selain itu, ia juga mengkomunikasikan kepada anak-anak tentang durasi permainan agar mereka tetap fokus dalam belajar.

“Misalnya hanya dengan diberi tahu, biasanya ada anak yang masih mencuri saat bermain. Tapi kalau sudah pakai aplikasi ini, bisa main sejam, sejam ”, harap saya.

Melalui aplikasi AMS, kelima mahasiswa UK Petra ini berhasil meraih juara II kategori mobile / web apps pada Lomba Kreativitas Mahasiswa Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh APTISI Wilayah VII Jawa Timur.

advertisement
Aplikasi Untuk Mengatur Durasi Anak Bermain Game Saat Daring | admin | 4.5